Peringati Hari Lahir Pancasila, BABAK Kalsel Singgung Permasalahan di Banua yang Belum Tuntas


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Aksi orasi Barisan Anak Bangsa Anti Kecurangan (BABAK) Kalsel dan beberapa gabungan Lsm sekalsel, pada peringantan hari Lahir Pancasila hari ini banyak menyuarakan harapan dan keinginan Masyarakat Kalimantan Selatan,terutama kasus-kasus Penyerobotan tanah warga serta kerusakan jalan di Kalsel,Jum'at (02/95/2023).


Menurut Bang Aliansyah belum tuntasnya perkara-perkara di Banua kita sungguh tidak sesuai dengan sila ke 5 dalam Pancasila "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia" yang seakan-akan Peringatan Hari Pancasila hanya acara Seremonorial semata yang tak dapat menyentuh dampaknya kemasyarakat dalam prakteknya di Sistem Peraturan dan UU daerah.


"Dalam Pancasila yang ke-5 sudah tentu kita apa maksudnya dan itu belum terpenuhi bagi kita di Kalimantan Selatan ini,banyaknya penyerobotan tanah lahan warga oleh perusahaan-perusahaan besar di kalsel di kalahkan kepemilikannya saat di pengadilan,ini lah ketidak adilan tersebut malah mereka (warga) yang terpenjara".ujarnya miris hati.


Kemudian lagi,Kasus Perkara Kepemilikan tanah SHM 179 Milik Chandra Gozali yang di kuasai PT Japfa Compeed Indonesia yang nyata- nyata SHM nya jelas  milik Chandra Gozali.


Juga Kasusnya Pabrik Semen KONTRA yang beroperasi di Tabalong,yang saat truk-truknya beroperasi muatanya melebihi standart sehingga membuat jalan-jalan di sana rusak dan di harapkan pemerintah daerah  jangan diam saja sesuai yang tertuang dalam UU lalu lintas No 22 Tahun 2009.

 

Belum selesainya masalah perbaikan jalan di KM 171 Satui,Tanah Bumbu, juga di singgung Aliansyah dalam orasinya,belum adanya solusi dari pusat tentang perbaikan jalan yang seharusnya jadi prioritas Pusat karena jalan tersebut merupakan jalan yang nantinya untuk ke IKN,tentunya Presiden Jokowi harusnya wajib memprioritaskannya,karena Kalsel adalah penyumbang Terbesar APBN Nomer 2 se-Indonesia dari sektor Pertambangan.


Dengan berpegang sila ke-5 dari Pancasila,tentunya tidak lah sesuai dengan permasalahan-pernasalah tersebut di atas.


Semoga nantinya dengan momentum Hari Lahir Pancasila  01 Juni 1945-01 Juni 2023 Pemerintah Pusat mendengar keluhan warga Kasel lewat Orasi yang di Suarakan Bang Aliansyah Lsm BABAK Kalsel. (@Dwan).

0/Post a Comment/Comments