Peringati Hari Pancasila, Wabup Tanbu Pimpin Upacara yang Dihadiri Berbagai Elemen

Foto istimewa

Kalseltoday.com, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) turut memperingati hari lahir (Harlah) Pancasila dengan menggelar upacara yang berlangsung di halaman kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin, Kamis (1/6/2023).


Bertindak selaku inspektur upacara dalam peringatan tersebut Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli S.Sos, dengan komandan upacara Ipda Dedi Harianto. Peserta upacara terdiri unsur TNI, Polri, ASN, dan lainnya.


Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan sebagaimana di ketahui bersama, peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.


Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli S.Sos bersama M. Saini, BA

Tema ini mengajak kita untuk merenungkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, perkantoran, maupun masyarakat. Selain itu dengan pemikiran ini kita dapat membangkitkan generasi yang kolaboratif, juga siap membantu membangun peradaban yang lebih baik.


“Melalui peringatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan global, khususnya dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Produktif, dan Berakhlak Mulia di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” kata Wabup.


Selanjutnya, gotong royong juga merupakan semangat yang melekat pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu, semangat ini memupuk perasaan gotong royong, solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama.


Sekda Tanah Bumbu bersama M. Saini, BA

Gotong royong mengajarkan kita untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama, tanpa memandang perbedaan sosial, agama ataupun budaya.


“Oleh karena itu, kami berharap agar kita semua selalu mengingat betapa pentingnya gotong royong dalam membangun peradaban yang maju, berkelanjutan, serta dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan global, utamanya dalam mendukung visi Pembangunan Daerah yaitu Membangun Tanah Bumbu Maju, Mandiri, Religius dan Demokratis.,”tutupnya.




Selain itu, tamu undangan pada peringatan itu juga dihadiri Kapolres Tanbu, Dandim 1022 Tanbu, perwakilan Forkopimda Tanbu serta pengurus PKK Tanbu, pengurus Persit Kartika Candra Kirana, dan lainnya.


Dilain pihak, Muhammad Saini, BA selaku perwakilan ormas Pemuda Pancasila (PP) mengungkapkan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa, yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa ini, tentu merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa.


Maka itu, saatnya semua insan dan anak bangsa, dan sebagai bagian segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia, harus berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, setiap tanggal 1 Juni, sebagai bagian dari pengarus-utamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ucap Saini.***

0/Post a Comment/Comments