Pesta Laut Mappanre Ri Tasie Pantai Pagatan 2023 Sebagai Warisan Budaya Maritim

Foto istimewa

Kaleltoday.com, Pagatan - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mengapresiasi pelaksanaan pesta laut Mappanre ri Tasie Pantai Pagatan 2023 sebagai warisan budaya maritim yang harus dihormati, Minggu (4/6/2023).


“Di hari yang berbahagia ini, kita bersama-sama menyaksikan salah satu wujud kekayaan budaya kita yaitu Pesta Adat Mappanre ri Tasie yang diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia rezeki yang diberikan Allah Swt kepada kita semua, khususnya para nelayan,” kata Gubernur Sahbirin Noor yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, SH, MM.


Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. Ambo Sakka M.Pd (kiri) bersama M. Saini, BA.

Ia berpendapat pesta laut Mappanre ri Tasie memiliki nilai kekayaan budaya dan adat istiadat yang luar biasa pada sektor pariwisata.


“Kita dapat melihat bersama betapa unik dan menariknya berbagai atraksi dan sajian budaya yang kental akan tradisi. Jika terus dikembangan secara berkelanjutan, event ini dapat menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan dan keunikan budi budaya kita,” terangnya.


Ketua Kadin Tanah Bumbu, Hj Arbayah, besama M. Saini, BA

Oleh karena itu, ia menghimbau agar terus mempererat persaudaraan, saling menghormati, dan menjaga toleransi, serta menjaga kearifan lokal dan warisan budaya daerah.


Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan rangkaian panjang selama 15 hari Mappanre ri Tasie 2023 ini, sudah menghilangkan praktek-praktek syirik karena hal itu bertentangan dengan agama Islam.


Foto bersama Para penari Tradisional seni Budaya Kabupaten Tanah Bumbu

“Kita hari ini telah merubah apa-apa yang mesti kita perbaiki, berdasarkan petunjuk tokoh, para alim ulama, dan lembaga adat, Alhamdulillah. Ini lah yang harus kita syukuri,” terang dr Zairullah Azhar yang biasa disapa Abah.


Diketahui, acara tersebut juga di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. Ambo Sakka M.Pd, Ketua Kadin Tanah Bumbu, Hj Arbayah, SH., perwakilan dari organisasi Laung Kuning Banjar, Muhammad Saini, BA dan tamu undangan lainnya.***

0/Post a Comment/Comments