Kalseltoday.com, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dianugerahi Medali Kehormatan Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia atas perhatian yang besar terhadap organisasi ini.


Piagam dan medali kehormatan pun diserahkan Ketua DPN Gerdayak Indonesia, Yansen A Binti kepada Paman Birin yang hadir didampingi sang istri, Hj Raudatul Jannah di Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Kamis (27/7).


Selain itu, Yansen juga mengalungkan tanda kehormatan Gerdayak disertai pemberian cenderamata senjata khas dayak Mandau.


Penyerahan dilakukan pada Pelantikan Dewan Pimpinan Provinsi Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Kalsel dan pelantikan Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota Gerdayak se Kalsel,


Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, keberadaan warga Banjar dan Dayak, ternyata tersebar di banyak provinsi.




Itu diketahuinya setelah berjumpa di banyak daerah di Indonesia, saat bersilaturahmi dan mengukuhkan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB).


“Kebanggaan pemuda Dayak adalah kebanggaan pemuda Banjar, dan itu adalah kita semua,” ujar Paman Birin.


Gerakan pemuda Banjar ujar Paman Birin lagi, menjadi komitmen bersama untuk tetap berpegang teguh pada NKRI. Dan tekad ini dituangkan dalam teks Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan.