Kalseltoday.com, Kotabaru - Kapal Harbour Tug TB Patra Tunda 3153 Jakarta, Senin (25/9/2023) sekitar pukul 22.30 Wita terbakar di perairan Tanjung Pemancing Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kalimantan Selatan (Kalsel). Diduga sementara terjadi hubungan arus pendek.


Terbakarnya Kapal Harbour Tug TB Putra Tunda 3153 Nakhoda dan ABK Selamat dan dua mengalami terbakar serta satu keadaan meninggal dunia.


Kapolres Kotabaru AKBP Dr Tri Suhartanto melalui Kasat Satpolairud Polres Kotabaru, AKP Koes Adi Dharma membenarkan Kapal Harbour Tug TB Patra Tunda 3153 Jakarta, sekitar pukul 22.30 wita mengalami kebakaran di perairan Sarang Tiung untuk sementara diduga terjadi hubungan arus pendek.


Kebakaran kapal terjadi di ruang kamar mesin sehingga Nakhoda dan ABK berhasil diselamatkan oleh tim riscue, namun Iwan Pardiyanto (Jabatan KKM) dan Mustofa (Jabatan Oiler) dapat diselamatkan tapi mengalami luka bakar sebagian kujur tubuhnya dan langsung dilarikan ke RS Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru untuk tindakan medis.


"Meskipun api sudah berhasil dipadamkan tapi satu orang lagi diruang kamar mesin tidak bisa langsung di selamatkan dan dievakuasi berhubung kondisi kapal sangat panas, besok harinya dilanjutkan oleh tim riscue untuk melakukan evakuasi namun kondisi korban Taufik Akif (Jabatan Masinis 3)dalam keadaan meninggal dunia dan korban langsung dilarikan ke RS Pangeran Jaya Sumitra untuk dilakukan visum," beber Kasat Polairud AKP Koes Adi Dharma.


Adapun tim penyelamat yang terlibat yakni 4 pers satpolairud Polres Kotabaru, 3 pers dokkes polres kotabaru, 3 pers Basarnas, 1 pers Damkar Kotabaru dan sarana yang digunakan satu buah Kapal polisi type C-2 KP. 2001.


"Tim rescue menghimbau para ABK agar tidak memasuki Kamar mesin tanpa alat bantu pernafasan (SCBA) karena dikhawatirkan masih terdapat gas yang berbahaya bila dihirup," tandasnya. (Wan/BK).