Kalseltoday.com, Banjarmasin - Dalam Rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) Ke-53 Tahun 2023 di bulan September, KSOP Kelas 1 Banjarmasin dan Dinas Perhubungan Provinsi kalimantan Selatan (Kalsel) mengelar Upacara dan giat "Bersih - bersih Sungai " di Kantor Gubernuran, Siring Nol Kilometer, Banjarmasin, Jum'at (22/09/2023).


Upacara dan giat 'Bersih- bersih sungai' tersebut di ikuti beberapa Instansi pemerintah dan mitra kerja diantarannya dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas1 Banjarmasin (KSOP), Dinas Perhubungan Prov.Kalsel sendiri, juga ada Dishub Kabupaten/Kota, Jasa Raharja, Navigasi, Kemenhumkam dll.


Menurut Kepala KSOP Kelas 1 Banjarmasin, Agustinus Naun, ST.MT, mengatakan acara giat 'Bersih- bersih Sungai' ini merupakan dalam rangka rangkaian untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional Ke-53 Tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan.


"Karena Banjarmasin di kenal dengan julukan Kota Seribu Sungai, dan Sungai merupakan salah satu mode Transportasi favorite di Banjarmasin." Terang Agustinus.


"Kita (KSOP kelas1Banjarmasin) Sebagai insan Perhubungan, bahwa peran dan tanggung jawab kita untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan khususnya di sungai, itu menjadi hal yang sangat penting." Jelasnya lagi.


Ia juga menambahkan bahwa KSOP Kelas1 Banjarmasin tahun ini mempunyai Program 'SYAHBINA MARSA' yaitu program Syahbandar Membina Masyarakat Sadar Sampah.


"Kita akan memulai program ini (Syahbina marsa) dari desa- desa di pesisir sungai, di mana akses darat untuk mengambil sampai itu tidak ada, maka kami akan membuat tempat sampah Apung."ujarnya.


KSOP Kelas1 Banjarmasin akan menghimbau masyarakat di pesisir sungai tersebut untuk membuang sampah di 'Tempat Sampah Apung' dan akan mengambil sampah tersebut dengan kapal Patroli pada saat melaksanakan Patroli.


"Karena tugas rutin kami (KSOP) memastikan kondisi dan keselamatan, keamanan pelayaran juga, terutama di perairan sungai Barito, dan tugas itu lah yang kita barengi dengan membawa tempat sampah kosong ketika anggota kita berpatroli dan ini selanjutnya kita akan bekerjasama dengan dinas kebersihan kota Banjarmasin untuk membawa ke tempat pembuangan akhir." 


Giat Bersih-bersih Sungai dengan tema "Melaju untuk transportasi maju" juga memperkenalkan 'Tempat Sampah Apung' yang idenya dari Germas, N.M. M.Mar.E, Kabid Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli.


"Ide ini tercetus pada saat saya diklat Pimpinan Administrator untuk syarat eselon tiga, dan di situ kita di suruh membuat program inovasi dan kemudian kita dari KSOP Kelas1 Banjarmasin ingin membuat inovasi pelayanan yang tadi di jelaskan 'Syahbina Marsa". Jelas Germas.


Program tersebut akan kita laksanakan di daerah Desa Mantuil sebagai percontohan dan memberikan 'tempat Sampah Apung' satu sebagai percontohan, Kalau Program berhasil kita juga kerja sama nantinya dengan para RT disana untuk menjaganya jangan sampai rusak dan hilang.


"Dalam jangka menengahnya nanti kita berharap akan memperluas daerah- daerah yang bisa kita maksimalkan untuk memberikan tempat- tempat sampah Apung." Tutupnya.(@DWan)