Peringati Hari Batik Nasional, ASN  Dengan Bangga Kenakan Batik


Kalseltoday.com, Banjarmasin - Senin 2 Oktober 2023 merupakan Hari Batik Nasional, semua Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan Batik dengan gembira dan bahagia, sangat bersahaja juga dalam aktifitas dan layanan mereka.


Dalam kegiatan bakti kesehatan Polri Presisi untuk Negeri, Sutjipto menerima kedatangan tamu dari Jajaran Polri, termasuk Polda Kalsel di standnya di Halaman Taman Budaya jalan Brigjen H Hasan Basri Banjarmasin, Senin siang (2/10/2023) juga mengenakan pakaian Sasirangan warna biru.


Sekilas tema tersebut, Mari sukseskan kegiatan bakti kesehatan Polri Presisi untuk Negeri (Khitanan Massal, Pengobatan Gratis, Pengentasan Stunting dan Donor Darah).


Ketua Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalsel Sutjipto yang dimintakan tanggapannya, dan kebetulan mengenakan Sasirangan warna biru disambangi di Kantornya, Senin (2/10/2023) sore mengatakan, kalau di Kalsel sudah identik dengan kita punya yang namanya Sasirangan dan kita harus lebih mensosialisasikan dan menasionalkannya. 


"Karena kalau kita lihat, saya kira sudah Go Nasional dan bahkan Go Internasional. Saya punya relasi di madura, Jatim, di sana Para Guru sudah mengenakan Sasirangan yang dipesan dari Banjarmasin. Sarinah juga sudah membuka gerai untuk Sasirangan dari para Pelaku UMKM di Banjarmasin," ujar Sutjipto menegaskan.


Sehingga katanya, kita sudah lakukan seragam untuk ASN dan Sekolah-sekolah dan mulai Pemerintah Daerah ini melobi Pemerintah Pusat agar di hari-hari tertentu Sasirangan menjadi Seragam Nasional, apalagi Presiden RI Jokowi saat HUT RI ke 78 beberapa waktu lalu sudah mengenakan Busana Nusantara.


"Mungkin arahnya Dinas Pariwisata ke Kementerian Pariwisata dan saat ini arahnya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dari berita yang beredar cukup dekat, bisa dikatakan cukup akrab dengan Menteri Sandiaga Uno, dan ini bisa menjadi pintu masuk untuk menyampaikan kepada Menteri, agar Sasirangan di event-event tertentu bisa dikenakan sebagai Seragam Nasional. Bisa Tuan Rumah di Banjarmasin, maupun di tempat lain, tapi Sasirangannya bisa tampil," harap Sutjipto.


Di Banjarmasin ada Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) yang rutin saban tahun digelar Pemko Banjarmasin, ini dapat dipergunakan untuk mewujudkan Hari Sasirangan Nasional tersebut, karena optmis kita agar sebisa mungkin Pintu Masuk melalui Dinas Pariwisata Kota ke Provinsi hingga ke Kementerian Pariwisata Pusat.


"Atau bisa langsung melalui Walikoa Ibnu Sina ke Sandiaga Uno untuk menyampaikan pada saat BSF itu langsung diproklamirkan atau diresmikan menjadi Hari Sasirangan Nasional, agar acaranya bisa menggelegar dan dihadiri Menteri dan para Tokoh Budaya di Indonesia," saran Sutjipto. 


Di Kantor Perusahaan milik Sutjipto CV Banjar Indah, Sasirangan dikenakan Hari Kamis yang 95 persen sudah dipergunakan para Karyawannya. Direncanakan di Kantor Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah Kalsel, akan dikenakan Gamis Sasirangan pada setiap hari Jum'at.*

0/Post a Comment/Comments