Kalseltoday.com, Banjarmasin - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke-54 Tingkat Kabupaten Barito Kuala, Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dan dimulai hari Jumat tanggal 10-13 November 2023 diwilayah Kec Anjir Pasar sebagai tuan rumah.di gelar di depan Kantor Camat Anjir Pasar.Kab. Batola, Jum'at (10/11/2023).


Cabang yang akan dipertandingkan adalah Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Hifzil Hadist, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Qira’ah Sab’ah Mujawwad, Qira’ah Sab’ah Murottal dan Karta Tulis Al-Qur’an. Dan bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten berupa Piagam, Trophy dan Uang Pembinaan yang telah disiapkan panitia pelaksana.


Kegiatan MTQ Ke 54 Tingkat Kab. Batola Tahun 2023 di ikuti oleh peserta berasal dari 17 Kecamatan di Kab. Batola dengan jumlah 426 peserta/Kafilah terdiri dari 205 Laki laki dan 426 Perempuan.



Acara yang di mulai pada malam ini di gelar  daro jam 19:100 Wita, dihadiri PJ Bupati Batola Mujiyat, S.Sn.,M.Pd., Ketua DPRD Kab Batola Bpk Saleh., Sekda Batola H. Ir. Zulkipli Yadi Noor,M.Sc., Kapolres Barito Kuala AKBP Diaz Sasongko S.I.K., M.H.,-


Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Inf Kadirman Gultom, S.I.P., serta Kajari Barito Kuala/ Mewakili dan Ketua Pengadilan Negeri Marabahan Ibu Yeni Eko Purwaningsih, S.H., M.Hum., juga Ketua Pengadilan Agama Marabahan H. Dede Andi S.Hi M.H., Kepala Kantor Kementrian Agama Kab Batola Bpk Anwar Hadimi. S.Pd., M.Pd.


Turut hadir juga, Perwakilan Organisasi Wanita Kab Batola, Perwakilan Kepala SKPD Kab. Batola, Para Camat lingkungan Kab. Barito Kuala, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat Kab. Barito Kuala.


MTQ Ke- 54 Se-Kabupaten Bario Kuala yang di ikuti Para Peserta 17 Kecamatan Kafilah MTQ dengan mengambil tema "Melalui MTQ KE 54 Tingkat Kabupaten Barito Kuala kita bangun masyarakat Qur’ani Menuju Barito Kuala yang Berdaya Saing, Inspiratif, Sportif dan Amanah (BISA)".


Setelah pembacaan Do'a dan Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an , sambutan Ketua panitia acara :

"Syukur alhamdulillah atas segala limpahan berkah, rahmat, dan karunia-Nya, sehingga kita malam hari ini dapat hadir dalam acara Pembukaan MTQ Nasional Ke 54 Tingkat Kab. Batola."ungkapnya.


Ia juga mengimbau seluruh kafilah dari 17 Kecamatan agar menjaga kesehatan dan berlombalah dengan semaksimal mungkin serta menjunjung tinggi sportifitas. Karena yang terbaik akan mewakili dan mengikuti MTQ maupun qasidah di tingkat provinsi Kalimantan Selatan.


Juga PJ.Bupati Mujiyat memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara MTQ Ke- 54 Se Kabupaten Batola 2023.


"Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih serta apresiasi luar biasa kepada panitia penyelenggara MTQ ke 54 tahun 2023 beserta masyarakat yang ikut terlibat dalam kepanitiaan kegiatan ini dimana mereka bergotong-royong, berjibaku, bersinergi berkolaborasi sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan lancar hingga saat ini." Ungkapnya.


"MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Namun hal tersebut jangan dianggap sebagai sebuah tradisi tanpa ada pesan Dakwah Islam didalamnya." Ujarnya lagi.


"Jadikan MTQ ini sebagai pondasi generasi muda yang peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi yang berkualitas." Tambah Mujiyat.


Dari tahun ketahun kualitas peserta Musabaqah di Kab.Batola, semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan yang lainnya, walau belum maksimal sepenuhnya. 


"Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri."harapnya.


Selama pelaksanaan Kegiatan para peserta/ Kafilah di sediakan rumah pemondokan oleh Panitia, Rumah Pemondokan para Kafilah berada di lingkup Kec. Anjir Pasar.


Kegiatan berlangsung dilaksanakan pengamanan oleh anggota Polres Batola dan Polsek Anjir Pasar. Sebelum kegiatan dilaksanakan apel kesiapan pengamanan yang dipimpin Kabagops Polres Batola dgn anggota yang terlibat sesuai dengan Sprint  Nomor : 1770/ XI/ PAM.3.3/ 2023 pada tanggal 09 November 2023 sebanyak 44 Personel. (@DW)