BARABAI - Anggota Koramil 1002-01/Batang Alai Selatan Sertu Wahyu Arif.S melakukan pendampingan petugas kesehatan dari hewan Dinas Pertanian Dan Peternakan Kab. Hulu Sungai Tengah melaksanakan pengecekan hewan ternak milik bapak Syarifuddin desa Cukan Lipai Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Minggu (09/06/2024).


Pemantauan sekaligus pengecekan kesehatan hewan yang dilaksanakan oleh Dispertan HST ini dibawah Satgas bidang peternakan.


Dalam kegiatan pengecekan hewan ternak, H. Mahrani (Mantri hewan) mengatakan bahwa pemeriksaan hewan yang dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit pada hewan.


“Ini merupakan wujud monitoring terhadap kesehatan hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba di wilayah Desa Cukan Lipai dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah khususnya dengan turun langsung memantau kesehatan hewan,” katanya.


Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang ada di kandang milik bapak Syarifuddin telah memenuhi syarat untuk diperjualbelikan dan aman sebagai hewan kurban.” imbuhnya.


Sementara itu, Sertu Wahyu Arif.S mengajak para peternak sapi untuk tetap semangat dalam melaksanakan perawatan dan kebersihan lingkungan kandang sapi agar sapi terhindar dari penyakit PMK. tentunya dengan memberikan sumber makanan ternak sapi masih segar dan sehat yaitu dengan pakan rumput atau daun daunan dari jenis tertentu yang diambil dari kebun maupun ladang disekitar desa,” ujarnya.


Babinsa, berpesan kepada peternak sapi agar dapat selalu menjaga kebersihan diseputaran lingkungan dikarenakan kandang ternak tersebut masih dekat dengan area pemukiman warga, untuk itu harus dibersihkan setiap hari agar tidak menimbulkan bau yang dapat menganggu kenyamanan warga sekitar,” tutupnya. (FR).