Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Cuncun Kurniadi S.I.K., M.H (foto istimewa)

BANJARMASIN- Publik Kota Banjarmasin dihebohkan dengan kabar di media sosial sejumlah orang linglung usai mengkonsumsi kecubung.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Cuncun Kurniadi S.I.K., M.H menghimbau masyarakat untuk tidak mencoba mengkonsumsi tanaman Kecubung (Datura sp).

"Hindari mengkonsumsi tanaman kecubung yang tidak seharusnya dikonsumsi sembarangan. Jika tanaman inu dikonsumsi dapat berdampak menyebabkan gangguan mental sementara atau permanen, jelasnya Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Cuncun Kurniadi, S.I.K., M.H. menanggapi isu yang beredar di media sosial, Selasa (09/7/2024).

Dampak negatif dari kecubung karena memiliki zat beracun yang dapat menimbulkan beberapa gejala berbahaya jika dikonsumsi.

"Tanaman ini dapat membuat akal sadar manusia tidak bisa membedakan antara nyata dan ilusi. Parahnya hal itu dapat menyebabkan kehilangan nyawa, " ucap Kapolresta Banjarmasin.

Ia juga berharap dan meminta peran serta orang tua mengingatkan anak-anaknya untuk tidak mencoba-coba ataupun mengonsumsi tanaman kecubung.

"Saya berharap masyarakat jangan mencobanya, " tutup Kapolresta Banjarmasin.