Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siaga Bencana Alam, Kapolda Kalsel Lepas 3.200 Personil Gabungan

Rabu, 30 November 2022 | 07.51 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-30T00:51:52Z

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H. memimpin Apel Kesiapan dalam rangka Penanganan Bencana Alam Banjir dan Longsor Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (29/11/2022) pukul 08.00 Wita.


Apel yang dilaksanakan di Lapangan Kamboja Banjarmasin ini dihadiri Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin, Asisten I Pemprov Kalsel, Wakapolda Kalsel beserta Pejabat Utama dan Kapolresta Banjarmasin. Serta diikuti oleh personil Polri, TNI, Satpol PP, Basarnas, Pemadam Kebakaran (Damkar), BPBD serta Senkom Mitra Polri.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengecekan sarana prasarana yang disiapkan sebagai antisipasi bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan, sekaligus pengecekan kesiapan personil yang akan terlibat dalam penanganan bencana.


Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian mengatakan sebanyak 3.200 personil gabungan dikerahkan dalam penanganan bencana alam diwilayah Kalimantan Selatan, dan didukung dengan 1.577 peralatan SAR darat maupun air.




Menurutnya, Apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan wujud kesiapsiagaan Polda Kalsel untuk bekerjasama dengan instansi terkait lainnya dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung khususnya dimusim penghujan saat ini.


Khusus diwilayah Kalimantan Selatan, intensitas curah hujan saat ini telah terjadi peningkatan yang cukup tinggi. Bencana banjir telah melanda beberapa wilayah seperti Kabupaten Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Utara (HSU).


Selain itu juga, akibat cuaca ektsrim ini, terjadi angin puting beliung yang menyebabkan rusaknya rumah warga dan menenggelamkan kapal nelayan di Kabupaten Tanah Laut yang mengakibatkan 1 (satu) orang meninggal dunia.


Lanjut Kapolda Kalsel, hal tersebut tentunya menjadi atensi kita bersama untuk berupaya dan berusaha mengantisipasi dengan kesiapsiagaan, melalui langkah awal berupa pelaksanaan Apel Penanggulangan Bencana Alam yang kita laksanakan pada hari ini.


Dirinya pun berpesan, agar kita semua terus meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas diri agar kita dapat menangani bencana demi bencana. Semoga kegiatan yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat bagi upaya mitigasi dan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana. (Ari)

×
Berita Terbaru Update