Kalseltoday.com, Banjarmasin - Pengobatan Tradisional tradisi Suku Dayak Maanyan Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) kini mengelar Pengobatan selama dua hari dari tanggal 16-17 September 2023, di Taher Square (seberang Siring Bekantan) Banjarmasin, Sabtu (16/09/2023).


Acara yang hari ini di buka sejak jam 08:00 sampai selesai ini, di padati ratusan masyarakat yang antri hingga siang tadi ketika terpantau media ini,bahkan ada pasien dari luar kota berbagai wilayah Kalimantan selatan.


Eda Steven Lalung, yang juga bergelar Pangkalima Bangkirayen ia hadir kembali di Banjarmasin atas bantuan Fasilitas kerja sama denga 'JULAK ROSI' atau H.M.Rosehan.NB yang berkenan memfasilitasi Acara pengobatan Tradisional ini di Taher Square Banjarmasin.



"Kami berterimakasih kepada Bapak HM.Rosehan.NB atas kesediaan beliau yang telah menyediakan tempat dan lain-lainnya,agar supaya lancar kegiatan pengobatan ini, terlebih juga ibu 'Rima Melati' (Pondok Bahari) yang sangat luar biasa bagi kami, mulai kedatangan kami tadi malam, sampai hari ini, beliau sangat antusias sekali mendukung kegiatan kita." Ucapnya.


Steven juga mengatakan dalam agenda pengobatan Tradisional Dayak Maanyan selama dua hari ini, ia tidak menargetkan berapa pasien yang bisa di layani, menurutnya selagi ia dan kawan-kawan Pengobatan Tradisional, ia bisa mampu,kuat pasti akan ia obati sesuai kemampuan.


"Untuk acara pengobatan hari ini kita membawa kru pijat sebanyak 15 orang dan kru tambahan 5 orang, semua ahli campuran dari komunitas Dayak yang ahli bidangnya dan juga ada empat orang langsung dari Kampung Bangkirayen langsung." Terang Pangkalima Bangkirayen ini.


"Untuk ini juga kami terimakasih juga buat ibu Hj.Hasni yang ikut juga terpanggil membantu kita hari ini meskipun beliau ada di belakang panggung." Tambahnya.


Bunda Hj.Hasni.SH salah satu kader Partai Perindo menjelaskan lagi bahwa setelah kegiatan di sini (Taher Square) akan ada satu bulan penuh Agenda Pengobatan Tradisional Dayak Maanyan di beberapa titik di Kalsel terutama di Banjarmasin.



"Alhadulillah kita sudah menjadwalkan Pengobatan Eda Steven Lalung ini sebulan penuh di Banjarmasin yang sdh terisi yang libur cuma Hari senin saja." Jelas Hj.Hasni.


Diantaranya di daerah Tri Sakti, Banjarbaru, Barabai dan Amuntai dengan tempo start 2 hari tiap lokasi tambahnya.


"Semoga yang berobat hari ini dan besok di angkat penyakitnya dengan lewat peetolongan kawan-kawan kita yang tergabung di pengobatan Eda Lalung Steven  dan semoga cepat sembuh atas pertolongan Serta berdo'a KepadaNYA." Tutupnya. (@Dwan)