Kalseltoday.com, Banjarmasin - Habib Abdullah Bin Al Alwi Al Hamid, Buyut dari Habib Sholeh Tanggul, Jember, Jawa Timur, Kamis (5/10/2023) hadir dalam kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMKN 3 Banjarmasin.


Dalam pesannya, Habib menyampaikan, agar meneladani Nabi Muhammad SAW, baik secara akhlak perilaku dan secara adat, harus dapat meneladani Nabi. 


Hal ini kata Habib, akhlaknya Nabi paling afdholnya perilaku dan paling bagusnya suatu akhlak.


"Karena Sayyidina Aisyah pernah ditanya bagaimana tentang akhlaknya Nabi. Akhlaknya Nabi Muhammad SAW itu Al-Qur'an. Jadi kalau kita lihat akhlaknya Nabi Muhammad SAW, kita sama dengan melihat Al-Qur'an," ujar Habib, usai memberikan Ceramah Agama dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMKN 3 Banjarmasin, Kamis (5/9/2023) siang.


Disebutkan, agar meneladani baiknya Nabi Muhammad SAW dalam sikapnya, baiknya hubungannya dengan masyarakat, dan bukan saja baik dengan sesama Muslim, tapi dengan Non Muslim juga Nabi Muhammad SAW baik hubungannya. Nabi mengajarkan bagaimana kedamaian, kebersamaan, dan persatuan. 


Menyinggung masih adanya Pemuda yang tawuran hingga terlibat narkoba, menurut Habib, karena mereka kurang dekat dengan Nabi dan harus lebih kenal lagi dan harus lebih tahu lagi. Karena selama ini yang dijadikan panutan oleh mereka, adalah orang yang seharusnya bukan panutan.


"Kalau mereka ikut Nabi Muhammad SAW, mereka tidak kenal yang namanya perkelahian, narkoba, dan tidak mengenal yang namanya kejahatan. Karena Nabi Muhammad SAW tidak mengajarkan seperti itu," tegas Habib. 


Ditanya sebaiknya dibuatkan Kelompok-kelompok Keagamaan untuk para Generasi Muda, tegas Habib, itu tidak perlu, tapi yang penting ada sesuatu program. 


"Seperti halnya di SMKN 3 Banjarmasin ada Program Tahfiz dan lebih pengenalan untuk Nabi Muhammad SAW dengan acara Maulid ini, juga lebih bagus, setiap sekolahan melakukan pengenalan, setidaknya ini salah satu cara mengenalkan Nabi Muhammad SAW dan mengenalkan Akhlak Nabi Muhammad SAW. Di sekolah ini bagus dengan melaksanakan Maulid Nabi dengan niatan untuk mengetahui bagaimana Nabi Muhammad SAW. Itu sudah bagus," pesannya.


Sedangkan Kepsek SMKN 3 Banjarmasin Mohammad Ali Muksin SPd MM mengatakan, dalam bulan dan hari-hari kelahiran Rasulullah SAW, pihaknya melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan salah satu Buyut dari Habib Soleh Tanggul, salah satu Buyutnya Wali Kutub Habib Sholeh Tanggul yang hadir 

Habib Abdullah Bin Al Alwi Al Hamid. 


Katanya, Peringatan ini karena pihaknya peduli dengan peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di daerah kita, yang diawali dengan pelaksanaan Shalat Istisqa bersama seluruh Warga Sekolah, yang membelajarkan kepada semuanya untuk empati kepada lingkungannya.


"Mudah-mudahan kita dengan belajar untuk meneladani rasulullah SAW, kita juga melaksanakan Shalat Istisqa, maka hujan segera turun di Bumi Banua kita tercinta," ujar Ali.


Disinggung pujian Habib adanya Program Tahfiz di SMKN 3 Banjarmasin, Ali Muksin menyatakan, bersyukur, karena ikhtiar Jajarannya mensinkronkan sebagai Umat Rasulullah melalui kegiatan nyata, salah satunya di sekolah dengan Program Plus Tahfiz.


"Program ini dalam rangka menjembatani kita untuk terus meneladani Rasulullah dan mengenalkan akhlak Rasulullah dan juga Hafiz Hafizah yang melekat pada diri Rasulullah dengan sangat mencintai Para Hafiz dan bahkan di Tahrim sebagaimana Habib Abdullah tadi berguru Kepada Habib Umar, betapa sangat dimuliakan, disambut dan disanjung luar biasa para Hafiz dan Hafizah," Ali menegaskan.  


Sehingga itu merupakan upaya membingkai SMKN 3 Banjarmasin untuk semakin semangat, spirit untuk Program Tahfiz dan kuotanya dibuka seluas-luasnya untuk mewarnai SMKN 3 Banjarmasin dan semua SMK yang ada di Kalsel. (Den)