Batola - Polres Batola Gelar kegiatan dalam rangka Hari jadi Bhayangkara ke-78 tahun 2024, dengan acara lomba Burung Berkicau Piala Kapolres Barito kuala Cup di Arena Gsntangan Basit, Komplek Agra Budi Handil Bakti.Kab.Batola, minggu (07/7/2024).


Lomba Burung Berkicau Piala Kapolres Barito Kuala di ikuti oleh berbagai 36 Komunitas pecinta burung berkicau Se - Kalsel terdiri dari 700 peserta.


Kapolres Barito Kuala AKBP Diaz Sasongko S.I.K., M.H.,dalam sambutan pembukaan lomba tersebut mrnyampaikan, Lomba Burung Berkicau Piala Kapolres merupakah sebuah acara yang penting dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, yang tidak hanya menyatukan komunitas pecinta burung berkicau tapi juga menggalakkan semangat kompetisi yang sehat di antara.


Kapolsek Alalak IPTU Syahminan

"Tidak ada yang kalah, maupun yang menang, mari kita junjung Sportifitas." Pesannya.


Sekilas tentang Lomba ini, merupakan wadah bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan burung berkicau terbaik mereka, melalui beragam jenis burung yang dilombakan, dari murai batu, kacer, sampai cucak ijo. 


Tujuan dan maksud diadakannya acara ini sangat luas, meliputi penguatan komunitas pecinta burung, pelestarian jenis burung, serta sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan flora dan fauna. 


Sementara Kapolsek Alalak IPTU Syahminan Rizani, yang juga Ketua umum Komunitas Burung Berkicau dan Panitia Acara Lomba Burung Berkicau Piala Kapolres Batola mrngatakan, acara tersebut merupakan kegiatan Polres Batola dalam rangkain masih suasana Peringatan hari Bhayangkara Ke-78.


"Insyallah kita akan tindak lanjutan dan selenggarakan setiap tahun dalam setiap peringatan hari Bhayangkara Polri, dan hari ini cukup meriah antusias peserta juga banyak sekali yang ikut berlomba."katanya.


Ia, juga mengatakan para peserta dari Kabupaten kabupaten lain di Kalsel dan acara ini umum jadi siapa pun boleh ikut lomba burung berkicau piala Kapolres Batola ini.


Ipda Wahyudi., SH (kanan) selau ketua pelaksana kegiatan

Ipda Wahyudi, SH selaku Ketua Pelaksana mengatakan, Peserta bukan hanya dari Kalsel, tetapi ada juga dari Kalinantan Timur dan Kalimantan Tengah.


"Dan ada paling jauh, pemain Kacer dari Propinsi Lampung," terangnya.


"Hadiah ada Tropi pemenang 1,2,3 dan BC dan SF dari Kapolres Batola, uang pembinaan untuk yang terbaik (BC) dan juara (1) satu di setiap Restnya, beserta dengan Dooprizenya bantuan dari Kapolres Batola." Tutupnya.


Di jelaskan juga, Peran Kapolres Barito Kuala dalam acara ini bukan hanya sebagai penyelenggara tapi juga sebagai figur yang memberi inspirasi kepada masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga dan melestarikan alam. (@DW)