Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Dishub Kalsel Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan se-Kalsel

Rabu, Agustus 16, 2023 | 17.16 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-16T10:17:14Z

Kalseltoday.com, Banjarmasin - Lomba Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan angkutan jalan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini agar bisa meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan para pelajar dalam rangka pembentukan karakter dan budaya berkeselamatan berkendara, yang di gelar di Hotel Roditha Banjarmasin dari tanggal 14 hingga 16 Agustus  dari hari ini Penyerahan Piagam penghargaan dan Piala, Rabu (16/08/2023).



Dengan tema “Safety Transport For Indonesia’s Future", Banjarmasin, terpilih lah tiga juara dari perwakilan Kabupaten/Kota Banjarmasin diantaranya dengan juara pertama Pelajar dari Tabalong dan juara 2 juga dari tabalong serta dari kota Kandangan menjadi juara yang ke tiga.


Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan jalan yang dapat memberikan pengaruh positif di lingkungan mereka.



"Tujuan ini lomba ini juga untuk menanamkan dan membagun kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan di jalan."terangnya.


Peserta pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kalsel 2023 diikuti sebanyak 26 pelajar yang berasal dari 9 kabupaten/kota di Kalsel dan berlangsung selama tiga hari kedepan.


“Dari hasil seleksi dan evaluasi pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Kalsel 2023 akan diperoleh juara yang akan mewakili Kalsel di tingkat Nasional nantinya” tambah Fitri.


Ia juga memaparkan, saat ini angka kecelakaan di Provinsi Kalsel yang diterima dari PT Jasa Raharja yaitu jumlah korban laka lantas sampai dengan (9/8) sebanyak 565 orang, dengan rincian meninggal dunia sebanyak 218 orang dan luka-luka sebanyak 347 orang. Jumlah tersebut meningkat 4,05 persen dari periode yang sama pada 2022.


"Dan yang lebih membuat kita miris sekali, adalah korban laka tersebut 77 persen terjadi pada usia produktif (usia 16 s.d 45 tahun),”ujarnya lagi


Harapanya dengan adanya pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu lintas ini, Fitri berharap dapat memberikan kontribusi terhadap keselamatan dan kesadaran berlalu lintas di jalan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di kalangan pelajar dan lingkungan sekitar mereka.


Dan di harapkannya pelajar yang peduli terhadap keselamatan di jalan yang nantinya bisa aplikasikan ilmunya serta memberikan pengaruh yang positif kepada rekan-rekannya baik di lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan tempat tinggal, sehingga mereka menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Tujuan akhirnya pada suatu masa nanti akan tumbuh generasi muda yang peduli dengan keselamatan di jalan dan sadar akan peraturan berlalu lintas,”pungkasnya.



Sementara itu Nadya Aqilla Rahman, pelajar yang menjadi juara pertama dari SMA 2 Tanjung yang di nilai oleh tim dari Bonis Management ,ketika di wawancara awak media mrngatakan sangat senang sekali bisa menjuarai ajang lomba yang di gelar Dishub Prov.Kalsel ini.


Di lain kesempatan Perwakilan dari Dinas Perhubungan Tabalong,Arie Puji .H, mengatakan acara yang di gelar oleh Dishub Prov.Kalsel, Dinkes, BNN, Kepolisian, Jasa raharja,serta Onis Management ini, sangat bersyukur duta Pelajarnya bisa meraih juara pertama lomba yang di gelar Dishub Prov.Kalsel.



"Untuk target persiapan lomba, binaan kita nanti di ajang Nasional kita sudah berbicara sama-sama tadi dengan Dishub Propinsi Kalsel serta Kepolisian Prov.Kalsel untuk melakukan persiapan lomba di Nasional untuk duta kita dengan melakukan Speak english penajaman wawasan baik itu juga untuk Public Speaking, maupun pemahaman berlalu lintas mudah mudahan kita kami akan membawa nama baik Provinsi Kalimantan Selatan nanti."jelasnya.


Dari Perwakilan Ditlantas Polda Kalsel, Kompol Dese Yulianti SH MAp turut mengapresiasi ajang lomba Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas tingkat Provinsi. 



"Kami harap adik- adik ini bukan ujian akhir dari pelaksanaannya tetapi, Ini adalah momentum awal mereka untuk berkarya untuk turut serta menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban berlalu lintas di masyarakat di daerah kita." Harapnya.


"Pesan saya untuk adik- adik yang akan lsnjut berlomba di ajang Nasional, agar lebih banyak menbaca,tambah pengetahuan, satukan teman-temannya dari pendukungnya, persiapkan betul-betul diri adik- adik, karena peserta dari bangsa di sana sangat banyak."tutupnya. (@DWan).

×
Berita Terbaru Update