Aksi Perang Warung Berisi Batu, Puluhan Remaja di Kabupaten Cianjur Diamankan


Bandung - Puluhan remaja diamankan polisi usai melakukan aksi perang sarung di beberapa kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (20/3/2024) dini hari. Bahkan empat orang diantaranya mengalami luka usai dihantam sarung yang diisi batu.

Para pelaku perang sarung itu pun diangkut polisi menggunakan mobil patroli dan truk, setelah berhasil diamankan polisi di beberapa lokasi berbeda.

Tampak para remaja yang masih duduk di bangku SMP hingga SMA itu pun membawa sarung yang sudah dimodifikasi dengan diikat di bagian ujungnya. Sarung tersebut yang digunakan untuk saling serang.

Kasatreskrim Polres Cianjur AKP Tono Listianto mengatakan total ada 27 remaja yang diamankan dari dua lokasi berbeda, yakni di Kecamatan Cilaku dan Kecamatan Cugenang. "Yang dari Cilaku ada 12 orang kami amankan, mereka masih berstatus pelajar SMP. Sedangkan dari Kecamatan Cugenang ada 15 orang dengan rata-rata berstatus pelajar SMK," katanya, Rabu (20/3/2024).

Ada empat orang yang alami luka, dugaannya karena hantaman benda tumpul (batu). Tapi kami masih coba dalami.

para remaja tersebut diberi pembinaan dan dipanggil orang tuanya agar tidak mengulangi perbuatannya.

"Orang tuanya kita panggil. Kita beri pembinaan juga agar tidak mengulangi lagi" 

Di sisi lain, Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan mengungkapkan jajarannya menerjunkan hampir satu per tiga kekuatan personel dan dibantu polsek jajaran.

Patroli skala besar yang digelar itu untuk mengantisipasi terjadinya aksi perang sarung, geng motor dan kejahatan lainnya. "Fenomena perang sarung dan geng motor bersenjata tajam makin meresahkan di bulan suci Ramadan ini. Ini menjadi perhatian kepolisian, kita lakukan patroli skala besar setiap malam hingga menjelang sahur.

Dihimbau warga yang memliki anak, khususnya yang sudah remaja, mencegah dan melarang anak tersebut terlibat dalam kegiatan negatif tersebut. Intinya kalau anaknya tidak jadi korban, ya jadi pelaku. Dan kita harus cegah itu. (Red/Dhafi)

0/Post a Comment/Comments